Latar Belakang

Berangkat dari keprihatinan kami anak bangsa melihat kondisi masyarakat hari ini terutama kalangan tidak mampu / dhuafa, apa yang mestinya kami bisa perbuat terhadap mereka? Tentunya jawaban dari pertanyaan ini tidaklah mudah. Dari Sinilah kami mulai memikirkan apa yang bisa kami lakukan, kami mesti bisa berkarya untuk membantu mereka, karena itulah kami bersepakat membuat wadah / komunitas sosial yang bisa digunakan untuk membantu mereka meringankan beban hidup yang menghimpit mereka, wadah itulah yang kami beri nama Pelindung Kehidupan Peduli Indonesia (Peka Pedulindo).

Pelindung Kehidupan Peduli Indonesia (Peka Pedulindo) adalah sebuah Keluarga Pelindung Kehidupan yang intens dalam Pemberdayaan Masyarakat menuju masyarakat yang Bernilai, Bermoral dan Berakhlak yang Baik dan Benar. Pelindung Kehidupan Peduli Indonesia (Peka Pedulindo) adalah Keluarga dari Suatu Ilmu Pelindung Kehidupan berupaya pemberdayaan masyarakat terutama kaum dhuafa dan anak anak yatim piatu menjadi Masyarakat yang Madani melalui Dana Sosial Masyarakat. Beberapa program yang disiapkan bersifat sinergi dengan upaya yang sistematis guna pemberdayaan masyarakat. 4 pilar utama kehidupan Madani : Pendidikan, Kesehatan, Agama dan Ekonomi adalah merupakan garapan Pelindung Kehidupan Peduli Indonesia (Peka Pedulindo).

Sebagai sebuah wadah / komunitas sosial kemanusiaan Peka Pedulindo berusaha menempatkan diri menjadi salah satu komunitas sosial, diantara berbagai komunitas serupa, yang mandiri, amanah, akuntabel, transparan dan professional. Hal ini dilakukan untuk menjamin kepercayaan (Tsiqah) dan ketenangan (Itmi’nan) para donatur yang telah mempercayakan donasinya. Sebagai konsekuensinya, Peka Pedulindo telah Menyelenggarakan beberapa kegiata yang bersifat Publik.

Para donatur komunitas berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan dan pendidikan. Mereka datang sebagai individu, banyak juga yang datang sebagai korporat (lembaga/perusahaan). Kedatangan mereka menunjukkan semangat saling peduli dan berbagi dan berempati tidak pernah luluh ditelan waktu. Mereka menyadari 2,5% dari harta mereka yang bisa jadi mereka anggap kecil, ternyata berarti banyak di tangan para dhuafa. Hingga sekarang Donasi yang sudah diterima dan disalurkan melalui program-program Peka Pedulindo, Kami yakin, seiring dengan berjalannya waktu dan penambahan pemahaman masyarakat, ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf) yang tekumpul juga akan semakin bertambah pula.

Seluruh donasi yang terkumpul, baik dari ZISWAF (Zakat Infak Sedekah dan Wakaf) maupun donasi korporasi, disalurkan kepada yang layak dan pantas melalui program-program yang beragam, inovatif dan sinergis. Program-program tersebut ada yang bersifat konsumtif, dan lebih banyak bersifat produktif. Setiap program yang dijalankan diawali dengan assessment (prakiraan kebutuhan program, akseptabilitas program) dan pendampingan, khususnya untuk yang bersifat produktif.